Keutamaan Kristus - Ev. Yudi Handoko (28-01-2018)

KEUTAMAAN KRISTUS 

(KOLOSE 1:15-20)



15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, 16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. 17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. 19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dlm Dia, 20 dan oleh Dialah Ia Memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Apa pertimbangan Saudara saat memilih pekerjaan, bos atau rekan kerja? Secara umum orang akan memilih yang paling baik, paling sesuai dengan harapan kita.

Apa pertimbangan Saudara saat memilih kepercayaan?  Saat memilih ikut Yesus? Tentu Saudara akan memilih mana yang lebih utama dari antara yang ada. Nats ini memberi pemahaman mengenai keutamaan Kristus terhadap segala sesuatu.

APAKAH KEUTAMAAN KRISTUS TERHADAP SEGALA SESUATU:
1. Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan
Kata πρωτότοκος - prôtotokos yang diterjemahkan sulung dalam konteks ini bukan berarti ciptaan pertama, tapi menunjukkan bahwa Yesus lebih utama dari segala sesuatu karena Ia adalah Allah pencipta dan penopang segala sesuatu.  Allah pencipta semesta yang tak dapat dilihat telah menyatakan diri untuk dapat dilihat, diraba dan didengar, yaitu Yesus Kristus, Firman yang menjadi manusia.

Apa respon Saudara?  Hormatilah pencipta Saudara, Yesus berkuasa atas seluruh kehidupan Saudara bahkan seluruh alam semesta.

2. Ia adalah Kepala Jemaat/Gereja
Manusia sebagai ciptaan Allah telah jatuh dalam dosa dan menuju kebinasaan. Yesus menjadi manusia untuk memulihkan manusia ciptaan Allah melalui karya penyelamatan yang berpuncak pada kematian & kebangkitanNya. Dengan kematian & kebangkitanNya, Ia memanggil umat yang ditebusnya menjadi ciptaan baru (2Kor.5:17) atau manusia baru (Efe.4:24, Kol.3:10).  KematianNya untuk memperdamaikan, kebangkitanNya untuk membangkitkan umatNya, Jemaat/Gereja. Gereja ada karena Yesus bangkit, Yesus adalah kepala, yang lebih utama dan yang menopang kehidupan Gereja.  Tanpa Yesus tidak ada kebangkitan hanya ada kebinasaan. Kebangkitan Yesus adalah sumber kebangkitan orang percaya.

Apa respon Saudara?  Utamakanlah Yesus dalam seluruh kehidupan Saudara, Dia telah menyelamatkan Saudara, menjadikan Saudara umatNya, yang akan dibangkitkan untuk hidup yang kekal.
Kristus lebih utama daripada segala sesuatu maka utamakanlah Kristus dalam segala sesuatu.  

Soli Deo Gloria.

Map