Engkau berharga Di Mataku - Ev. Darwis (19 Maret 2017)

“ENGKAU BERHARGA DI MATAKU”
Yesaya 43:1-5

Yesaya 43:4: “Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, Mengapa manusia sgt berharga di mata Allah? Ada dua alasan: 

1.  Karena manusia adalah gambar dan rupa Allah sendiri 
Apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika “kita tahu bahwa saya adalah gambar dan rupa Allah?”. Ketika Allah menciptakan manusia dengan desain yang unik dan luar biasa yang Allah ingin memperlihatkan semua kebaikan diri-Nya di dalam diri manusia ciptaan-Nya. Kebaikan-kebaikan Allah dalam diri manusia itu meliputi sifat-sifat manusia yang mencerminkan karakter Allah melalui perbuatan-perbuatan baik. Itulah gambar dan rupa Allah. Bukankan seharusnya demikian? Gambar dan rupa Allah yang paling dasar adalah “KASIH YANG BERKORBAN”. Artinya, setiap manusia yang diciptakan Allah bukan hanya sebatas gumpalan daging yang memiliki nafas tetapi manusia adalah cerminan Allah yang memperlihatkan sikap dan prilaku yang baik. Apa contoh kongkrit dari gambar dan rupa Allah yang seharusnya tercermin dari karakter manusia? Yaitu: menunjukkan perbuatan-perbuatan baik. Seperti: ada orang yang sakit dibesuk, ada orang kekurangan ditolong, ada orang yang kesusahan dihibur, tidak melakukan kejahatan, membuang segala keinginan-keinginan duniawi, dll. 

2. Karena kita hidup dalam tujuan keselamatan Allah
Allah berfirman “Janganlah takut (ayat 1, 5), sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. Artinya, Allah memberikan jaminan keselamatan bagi umatNya; Allah sendiri yang akan bertindak dan kita akan diam saja (Keluaran 14:14). Bukti kongkrit penyertaan Allah terlihat melalui kesulitan-kesulitan hidup (dalam ay 2) “ketika engkau menyeberang air, sungai-sungai: engkau tidak akan hanyut juga berjalan melalui api: engkau tidak akan dihanguskan dan nyala api tidak akan membakar engkau. Ketika merenungkan bagian ini (ay 2) saya begitu yakin Allah yang olehnya kita memperoleh keselamatan adalah Allah yang Maha dahsyat yang sanggup melakukan perkara apapun untuk mendatangkan keselamatan bagi umat-umatNya. Pertanyaannya: siapakah Dia? Dialah Allah yang Maha Kudus, Allah Israel, juruselamat kita; yang menebus umatNya. 

Adakah pribadi yang lain seperti Allah yang kita percayai dan kita kenal melalui Yesus Kristus yang punya Kuasa seperti demikian? Adakah allah lain yang kita percayai hari ini sehebat Allah kita? Sekalipun seringkali umatNya telah memberontak terhadap Allah, namun Allah kembali, menebus, menolong, dan me-nyertai karena mereka berharga di mata Tuhan (Yes 43:1-7). Allah mengungkapkan kasih-Nya untuk Israel dan Allah telah menciptakan dan menebus kita karena kita adalah milik-Nya yang sangat berharga dan Ia mengenal nama masing-masing kita (ayat Yes 43:1). Apabila kita mengalami kesulitan dan kesengsaraan, kita tidak akan hancur karena Dia ada bersama dengan kita (ayat Yes 43:2,5). Kita ini berharga dan mulia di pandangan-Nya, sasaran kasih-Nya yang besar (ayat Yes 43:4). Di sini Tuhan berjanji memberkati Israel dengan pemulihan yang menyenangkan, yang di-berikan karena kasih-Nya dan yang bekerja melalui penebusan. Amin.

Ringkasan Kotbah 19 Maret 2017 oleh Ev. Darwis

Map