Menghargai Pengorbanan Kristus (05/02/2017)

MENGHARGAI PENGORBANAN KRISTUS
Roma 5:1-11 Yohanes 15:13


Dalam firman Tuhan yang kita baca hari ini, berbicara kepada kita bahwa menghargai pengorbanan Kristus adalah merupakan keharusan bagi orang percaya. Karena manfaat  dari pengorbanan Kristus itu sudah kita alami baik sekarang maupun untuk kehidupan yang akan datang. Saudara untuk menghargai pengorbanan Kristus maka harus memahami tujuan dari pengorbanan Kristus itu sendiri. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa tujuan dari pengorbanan Kristus? Dalam ayat 1 dikatakan bahwa karena pengorbanan Kristus kita memperoleh pembenaran, karena pengorbanan Kristus kita didamaikan dengan Allah. Dalam ayat 6-8 dijelaskan tentang kehidupan kita manusia sebelum Tuhan Yesus menyelamatkan manusia. 

1. Manusia Dalam Keadaan Lemah
Ayat 6 mengatakan bahwa manusia dalam keadaan lemah. Artinya manusia dalam keadaan yang menyedihkan atau dengan kata lain dalam keadaan yang buruk. Manusia benar-benar sudah kehilangan pengharapan. Tetapi melalui pengorbanan Kristus, kita diselamatkan sehingga kita milik Tuhan. Roh Kudus yg telah Tuhan berikan kepada kita menguatkan kita dalam menghadapi hidup ini

2. Manusia Dalam Keadaan Berdosa
Manusia sudah dipenuhi dosa artinya manusia pelanggar-pelanggar hukum Allah dan penjahat yang patut mendapat hukuman. Istilah berdosa di sini bukan hanya sekedar statusnya sebagai orang berdosa, tetapi manusia juga penghasil dari dosa-dosa itu sendiri. 

3. Manusia Adalah Seteru Allah
Manusia adalah seteru Allah atau musuh Allah. Manusia keinginannya adalah memberontak kepada Tuhan. Manusia lebih suka melakukan apa yang bertolak belakang dari kehendak Allah. Namun demikian Allah tidak membiarkan manusia terus dalam kehidupan yang mengerikan itu. Tuhan Yesus datang ke dalam dunia untuk menyelamatkan manusia. Buah-buah pengorbanan Kristus 

1. Dibenarkan Dan Didamaikan
Dalam Roma 5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. Manusia dibenarkan berarti Allah kembali menerima kita. Tuhan Allah mengampuni kita. Sehingga kita bukan lagi seteru atau musuh Allah. 

2. Menghasilkan Keselamatan Dari Murka Allah
Dalam Roma 5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. Saudara di sini dikatakan bahwa melalui pengorbanan Kristus kita dibenarkan artinya kita dijadikan tidak bersalah di hadapan Tuhan.  Sehingga kita dibebaskan dari murka Allah. 

Kesimpulan
Saudara pengorbanan Kristus begitu luar biasa dalam kehidupan kita. Kristus sudah berkorban sedemikian hebatnya dalam hidup kita. Bagaimana respon kita? Masihkah kita membiarkan dosa menguasai hidup kita. Saudara mari kita mempersembahkan hidup kita untuk kemuliaan Kristus. Kira pengorbanan Kristus memotivasi kita untuk hidup memuliakanNya. 


Ringkasan Kotbah 05 Pebruari 2017 oleh Pdt. Kariaman Gea

Map