Ringkasan Khotbah Minggu, 23 Agustus 2015

MENGHORMATI ORANGTUA

Efesus 6:1-3, Keluaran 20:12


Banyak orangtua yang mengeluh karena anak-anak mereka tidak lagi menghormati mereka sebagai orang tua, bahkan banyak anak-anak yang cenderung memberontak kepada orangtua mereka.  Dalam 2 Timotius 3:2 dikatakan bahwa memang  sekarang ini ada banyak anak -anak cenderung memberontak kepada orang tua. Oleh karena itu kita sebagai orang tua memiliki tanggung jawab besar agar anak-anak kita jangan sampai mereka menjadi orang yang memberontak kepada orang tua atau tidak taat kepadaorang tua.

Dalam Efesus 6:1-2, firman Tuhan mengatakan bahwa seorang anak harus menghormati atau taat kepada orang tua. Ketaatan kepada orang tua adalah suatu yang harus dilakukan oleh seorang anak. Dalam ayat 1 dikatakan bahwa  “KARENA HARUSLAH DEMIKIAN. Artinya tidak ada alasan apapun untuk tidak menaati orang tua.

Anak menghormati orang tua atau taat kepada orang tua tidak datang dari dalam diri mereka sendiri tetapi melalui didikan orang tua. Anak tidak bisa kita harapkan untuk hormat dan taat kepada orang tua dengan sendirinya. Banyak orang tua yang tidak memahami akan hal ini sehingga orang tua  hanya menuntut anak untuk menghormat atau taat kepada orang tua.

Dalam Ulangan 6:6-9, Musa mengingatkan orang Israel bahwa orang Israel harus mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang Tuhan. dan bukan hanya pada saat-saat tertentu tetapi dalam seluruh aspek kehidupan mereka.  Kemudian orang tua khususnya ayah memiliki peranan yang sangat penting dalam mendidik anak-anaknya supaya takut akan Tuhan. Jadi di sini kita melihat bahwa sebenarnya yang menjadi pusat pendidikan kita adalah Allah bukan dunia atau yang lainnya.

BAGAIMANA MENDIDIK ANAK MENGHORMATI ORANGTUA.
1.    Mendorong agar mengalami kelahiran baru
2.    Menjadi teladan bagi anak-anak
3.    Mengajarkan firman Tuhan
4.    Berdoa

BERKAT BAGI ANAK YANG MENGHORMATI ORANG TUA.
Tuhan berjanji bahwa Dia akan memberkati mereka yang menghormati orang tuanya di dalam Tuhan. Oleh karena itu tidak akan pernah sia-sia jerih payah mereka yang menghormati orang tua mereka ketika masih hidup.

Ringkasan Khotbah Minggu 23 Agustus 2015 oleh Ev. Kariaman Gea
                                     

Map