Ringkasan Khotbah Minggu, 24 Mei 2015

MANAGEMENT HIDUP KRISTIANI

Lukas 14:28-30


Manusia hidup itu seperti mendirikan menara, makin lama makin tinggi dan menara itu harus bisa diselesaikan. Bila tidak selesai, maka orang akan mengejek  atau mengolok, dia hanya bisa membangun tetapi tidak dapat menyelesaikan. Oleh sebab itu betapa pentingnya membuat rencana, menghitung biayanya, materinya dan lain sebagainya. Management yg lemah, akan mengakibatkan integritas yang lemah bahkan akhirnya tidak dapat dipercaya.
Bangunlah hidup kita dari bawah ke atas dengan sebaik-baiknya. Menjadi murid Yesus, tidak terjadi dengan sendirinya,perlu usaha, rencana dan perhitungan yang baik. Tuhan Yesus tidak pernah mengabaikan namanya management. Tidak bisa tidak, orang hidup tanpa management. Jangan membangun hidupmu, dengan mata buta, tetapi  rencanakan yang baik.

Bagaimana mengelola hidup ini ?
1.    Awali dengan trusting God/Percaya kepada Tuhan.  Andalkan Tuhan, yakinlah bahwa Tuhan itu baik dan menyediakan yang terbaik.  Kita harus menjadi orang Kristen yang dewasa. Jangan lepaskan Tuhan, disaat  bisnis lemah, disaat badai masalah menghantam kita, jangan pernah meragukan Tuhan.  Letakkan landasan kita kepada Tuhan,  jangan goyah. Percayakan diri kita sepenuhnya kepada Tuhan.

2.    Akhiri dengan  sasaran/goal yang jelas. Jangan biarkan hidup ini mengalir seperti air. Jangan buta dan jangan naif, pikirkan dengan serius apa gol kita ?  Tanyakan pada diri kita: “Sebelum saya mati, warisan iman apa yg dapat saya berikan kepada anak cucu saya, atau generasi saya di masa akan datang ?

3.    Latihlah diri kita sedemikian rupa,agar  kita berhasil meraih gol kita. Paulus berkata di dalam 1 Korintus :26-27: “Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.” Bagaimana cara melatih kerohanian kita ? latihlah berdoa, membaca firman Tuhan setiap hari, dan menaati setiap perintah Tuhan dengan serius. Pasti tambah hari kerohanian kita makin bertumbuh.


Ringkasan Khotbah 24 Mei 2015 Oleh : Pdt. Em. Paulus Kurnia

Map