Ringkasan Khotbah Minggu, 5 April 2015

KAMU AKAN MELIHAT DIA

Markus 16:7; Lukas 24:36-49


Kamu akan melihat Dia, adalah ucapan yang disampaikan oleh malaikat Tuhan kepada para wanita yang datang ke kubur Yesus. Saat mereka melihat kubur Yesus terbuka, mereka berjumpa dengan malaikat yang berkata demikian : Jangan takut, kamu mencari Yesus orang Nazaret yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada disini. Sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu." (Mrk 16:7). Kamu akan melihat Dia. Inilah kabar gembira yang disampaikan oleh malaikat Tuhan kpd semua murid Tuhan Yesus, kamu akan melihat Dia. Perkataan malaikat ini sungguh terjadi: Tuhan Yesus langsung menjumpai para muridNya, sambil berkata : Damai sejahtera bagi kamu. Para murid terkejut dan takut, mereka mengira mereka melihat hantu. Namun Tuhan dengan sabar, menunjukkan bahwa Dia bukan hantu, Dia sungguh adalah Tuhan yang sudah bangkit dari antara orang mati. Inilah satu kesempatan istimewa yang Tuhan nyatakan kepada para murid, Tuhan menampakkan diriNya kpd setiap murid-muridNya.

Sukacita para murid, juga menjadi sukacita kita pada hari ini, karena kita tahu bahwa ada kebangkitan dibalik kematian. Ada kehidupan dibalik kematian. Ini sebuah pengharapan dari kehidupan kita manusia. Itulah sebabnya jangan takut menghadapi kematian. Karena Tuhan Yesussudah berkata demikian : "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"” (Yoh 11:25-26).

Jangan pernah ragu dalam mengikut Kristus. “Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka.” (Luk 24:38-40). Markus 16:14: “Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.” (Mrk 16:14).

Percaya setiap perkataan Tuhan Yesus sebagai kebenaran mutlak dalam hidup saudara. “Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. KataNya kepada mereka : Ada tertulis demikian : Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga. (Luk 24:44-45).

Jadilah saksi bagi Kristus. Lukas 24: 47-49: “dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."” (Luk 24:47-49)


Ringkasan Kotbah 05 April 2015 oleh Pdt Djoni Febrianto
           

Map