Ringkasan Khotbah Minggu, 12 Oktober 2014

AMANAT AGUNG

Matius 28:16-20



Matius 28:16-20 disebut sebagai Amanat Agung, perintah langsung dari Tuhan Yesus. Perintah adalah sesuatu yg harus kita lakukan, tdk boleh tidak. Jika seorang komandan memerintahkan prajuritnya maka perintah itu mutlak harus dilakukan, tanpa kompromi. Mengapa Matius 28:16-20 disebut Amanat Agung?

1. Pemberi perintah adalah pribadi teragung
    “... kepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.” (ayat 18). Menarik bahwa Amanat Agung diawali dan diakhiri dengan jaminan penyertaan Allah atas murid-muridNya (ayat 18, 20). KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Dia Tuhan, Raja dan pemilik seisi dunia. kuasaNya di sorga dan di bumi, Dialah penguasa tertinggi. Jika yang memberi perintah adalah pribadi seperti ini, maka perintah apa pun bukanlah masalah besar, bukanlah kesulitan. Tidaklah heran jika Paulus berkata: “Aku tahu kepada siapa aku percaya... penebusku hidup” (...).

2. Jangkauan perintah tersebut semua bangsa
    “... jadikanlah semua bangsa muridku...”. Jangkauan perintah Yesus adalah semua bangsa di muka bumi ini. Suatu ladang pelayanan yang sangat luas. Ini proyek besar, Mega Proyek Ilahi. Jika semua bangsa di muka bumi ini adalah jangkauannya, maka tidak ada pelayanan yang jauh lebih besar jangkauannya daripada pelayanan pemberitaan Injil.

3. Menjangkau jiwa-jiwa yang bernilai kekal
Perintah memberitakan Injil adalah untuk membawa jiwa-jiwa yang belum mengenal Yesus kepada keselamatan yang kekal didalam Dia. Proyek ini bukan pekerjaan yang remeh, tapi berhubungan dengan jiwa-jiwa yang tak ternilai harganya. Seisi dunia pun tak dapat menggantikannya. Bahkan untuk itu, Allah membayar harga yang mahal, yaitu nyawa AnakNya sendiri (1 Pet. 1:19).

4. Jaminan penyertaan Tuhan yang kekal
    Amanat Agung diakhiri dengan janji penyertaan Tuhan yang kekal bagi setiap orang yang menerima dan melaksanakan perintah tersebut. Sebagaimana dibuka dengan pernyataan akan otoritas Allah, maka diakhiri dengan garansi terbesar, teraman dan terpercaya: “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”. Tuhan Yesus memberi perintah dan tidak membiarkan murid-muridNya berjuang sendiri, tapi Dia berjanji akan menyertai, bersama dengan mereka sampai akhir zaman, sampai tugas itu selesai.
   
5. Siapa yang dipercaya untuk Amanat Agung ini?
Tuhan mau memakai kita bagi pelayanan yang besar ini, yaitu: pemberitaan Injil. Amanat AgungNya. Memang kita adalah orang-orang yang biasa saja, mungkin bergumul dengan kelemahan-kelemahan yang sama dengan murid-murid Yesus pada waktu itu. Tapi di tangan Tuhan, bejana-bejana tanah liat ini dapat dibentuk, dibaharui menjadi indah bagi pekerjaanNya. Hal ini membuat kita tidak dapat membanggakan diri, selain taat dan setia melakukan perintahNya. Alangkah luar biasanya tugas seperi ini.


Ringkasan Kotbah 12 Oktober 2014 oleh Pdt. Inggried Resmol
Forum diskusi : facebook : gktjember
           

Map