Ringkasan Khotbah Minggu, 24 Agustus 2014

HIDUP BERPUSAT KEPADA KRISTUS

Yohanes 1:19-34; 3:22-36


Berbicara tentang saksi, siapakah sebenarnya saksi itu ? Saksi adalah orang yang Siapakah Yohanes Pembaptis ?Yohanes Pembaptis adalah utusan Allah yang mendahului kedatangan Tuhan Yesus ke dalam dunia.. Yohanes sangat bersukacita dengan kedatangan Tuhan Yesus Kristus dan dia berusaha mempersiapkan hati orang Israel untuk menyambut kedatangan Mesias / Juruselamatnya. 


Apa bukti dia berpusat kepada Kristus ?

1.    Fokus hidupnya hanya memuliakan Kristus, bukan memuliakan dirinya sendiri. Yohanes dengan rendah hati berkata :Biarlah Yesus makin besar, dan aku makin kecil. (ayat 30). Biarlah Yesus makin terkenal, dan aku tidak perlu dikenal. Biarlah Yesus terus  dimuliakan, ditinggikan, diagungkan.  Karena aku sadar, membuka tali kasutNyapun, aku tidak layak (Yoh.1:27). Yohanes mengatakan : membuka sandalNya saja, Aku tidak layak.  Inilah tandanya bahwa Yohanes Pembaptis adalah orang yang hidupnya berpusat hanya kepada Kristus. Paulus berkata  di dalam Roma 11:36: Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya

2.    Suka bersaksi/menceritakan tentang Yesus kepada orang lain bukan menceritakan dirinya sendiri. Panjang lebar Yohanes bersaksi tentang siapa itu Tuhan Yesus, sementara untuk dirinya sendiri, dia hanya berkata bahwa : aku hanyalah suara orang yang berkata : siapkan jalan bagi Tuhan. Luruskan jalan bagiNya.
Isi kesaksian Yohanes tentang siapa Tuhan Yesus itu :
a)    Bahwa Tuhan Yesus sudah ada sebelum Yohanes ada (Yoh.1:30). Sekalipun Yohanes lahir lebih dahulu dari Tuhan Yesus, tetapi Yohanes tahu, Tuhan Yesus itu sudah ada sebelum dunia ini ada.
b)    Bahwa Tuhan Yesus adalah utusan Allah, yang menyampaikan firman Allah (ayat 34).
c)    Bahwa Tuhan Yesus diurapi oleh Roh Kudus (ayat 34) Aku telah melihat Roh Kudus turun dari langit seperti merpati dan Ia tinggal di atasNya, dan Allah berkata kepadaku: jika engkau melihat Roh Kudus turun ke atas seseorang dan tinggal di atasNya, Dialah yang akan membaptis kamu dengan Roh Kudus (Yoh.1:32-33)
d)    Bahwa Bapa telah menyerahkan segala kuasa dalam tangan Tuhan Yesus AnakNya (35)
e)    Bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Domba Allah, yang menghapuskan dosa dunia (Yoh.1:29)
f)    Bahwa Tuhan Yesuslah yang menentukan hidup dan mati manusia di masa sekarang maupun di masa akan datang (ayat 36). Yohanes berkata : Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap di atasnya.

Ringkasan Kotbah, Minggu 24 Agustus 2014; oleh : Pdt. Djoni Febrianto
Forum diskusi : facebook : gktjember

Map