Apa Itu Saksi Yehuwa Dan Bagaimana Menghadapinya?

1.  Apakah yang dipercayai oleh Saksi Yehuwa ?
Mereka percaya bahwa Yehuwa adalah satu-satunya Allah yang benar (Maz. 83:19; Ulangan 4:39) Yehuwa adalah Pencipta segala sesuatu, karena itu hanya Dia yang layak disembah (Why. 4:11; Luk. 4:8) Karena mereka percaya pada Allah Yehuwa maka kepercayaan terhadap Allah Tritunggal ditolak.

Pandangan Alkitab:
Nama Allah semula yaitu El/Elohim/Eloah/Elsaddai. Nama YHWH (Yehuwa) sebenarnya baru diperkenalkan kepada Musa di padang gurun dalam peristiwa kitab Keluaran. Dalam Kitab Nabi Yesaya dan pada masa pembuangan ke Babel juga dipakai nama Adonai untuk Allah. Dari sini jelas bahwa Yehuwa bukanlah nama satu-satunya untuk Allah.  Ada nama lain seperti : El/Eloah yang berarti: Allah yang besar, kuat, berkuasa, Elohim berarti: Allah Maha Tinggi, Elsaddai berarti : Allah yang maha kuasa, Adonai:Tuan/Majikan,

2.  Bagaimanakah pandangan Saksi Yehuwa tentang Yesus ?
Yesus Kristus adalah putra tunggal Allah, satu-satunya yang diciptakan langsung oleh Allah sendiri
(I Yoh.4:9: Kol. 1:13-16)

Yesus adalah yang pertama dari ciptaan-ciptaan Allah; karena itu sebelum ia dikandung dan dilahirkan sebagai manusia, Yesus hidup di surga (Why.3:14, Yoh. 8:23,58). Yesus menyembah Bapanya sebagai satu-satunya Allah yang benar, Yesus tidak pernah mengaku dirinya sama dengan Allah
 (Yoh. 17:3; 20:17; 14:28)

Pandangan Alkitab: 
Tuhan Yesus adalah Pencipta. Yohanes 1:1: Firman itu adalah Allah.” Yohanes 1:14: Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita. Firman tidak lain adalah Yesus. Tuhan Yesus juga disembah oleh para malaikat (Ibr. 1:6; Why. 1:17; 5:14) Yesus adalah penebus dosa, melalui darahnya dosa diampuni dan beroleh hidup yang kekal (Yoh. 3:16; Flp. 2:5-11)

3.  Bagaimanakah pandangan Saksi Yehuwa tentang Roh Kudus ?
Roh Kudus bukanlah pribadi Allah, tetapi hanya dianggap sebagai roh/enersi/tenaga/kekuatan yang keluar dari Allah Yehuwa.

Pandangan Alkitab:
Roh Kudus adalah pribadi Allah. Yesus sendiri menyebut Roh Kudus sebagai Penolong yang akan mengajar, bersaksi, berkata-kata dan mendengar (Yoh.14:16,26; 15:26; 16:13).

Roh Kudus itu adalah Allah sendiri. Menghujat Roh Kudus tidak bisa diampuni.(Lukas 12:10). Roh Kudus diutus oleh Bapa dan Anak (Yoh. 14:16,26;15:26), Roh Kudus bekerja di dalam Yesus (Luk. 4:18; Mat. 12:28) dan bekerja di dalam diri orang percaya (Yoh. 3:6; Mat.10:20)

4. Bagaimanakah pandangan Saksi Yehuwa tentang Allah Tritunggal ?
Ajaran ‘Allah Tritunggal’ sangat ditentang oleh Saksi Yehuwa  karena Yehuwa dipercayai sebagai Allah yang Esa dan Kristus adalah ciptaan, sedangkan Roh Kudus sendiri tidak dipercayai sebagai pribadi, maka sekalipun dalam upacaya pembaptisan disebut rumus dalam nama Allah Bapa, Putra dan roh kudus, roh disini ditulis dalam huruf kecil karena dianggap sekedar tenaga dan kuasa Allah saja. Yesus sendiri tidak setara dengan Allah Yehuwa, akibatnya ajaran Tritunggal tidak dikatakan sebagai ajaran Yesus atau Alkitab, melainkan ajaran setan.

Pandangan Alkitab:
Menerima Allah Tritunggal. Allah itu Esa, menyatakan diri dalam 3 pribadi. Ketiga pribadi itu sehakekat dalam kesatuan. Dalam Matius 28:19 jelas dikatakan tentang Baptisan di dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ketiganya setara sebagai pribadi yang patut kita sembah. Dalam salam Paulus juga mengungkapkan tiga oknum ( 2 Kor.13:14).

Petrus menyebut Allah Bapa sebagai perencana, Roh sebagai pengudus dan Yesus sebagai penebus
(I Pet. 1:2) Jadi pengertian Tritunggal sudah tersirat dalam Perjanjian Baru.

5. Bagaimanakah ajaran Saksi Yehuwa tentang neraka ?
Saksi Yehuwa tidak mempercayai ajaran Kristen mengenai api yang kekal, melainkan neraka hanya tempat perhentian dalam pengharapan. Neraka hanya dianggap sebagai terjemahan Syeol (bhs Ibrani) dan Hades (bhs Yunani) yang adalah kuburan umum umat manusia (Ayb 14:13). Pengajaran mengenai suatu neraka penyiksaan justru menfitnah Allah.

Pandangan Alkitab:
Konsep neraka yang dalam bahasa aslinya  gehenna dan tartaros sesungguhnya adalah lautan api kekal tempat hukuman kekal. Tempat hukuman dimana api menyala-nyala(Mat.5:22,29,30; 8:9;23:15,33;Yak.3:6), tempat pembinasaan tubuh dan jiwa (Mat. 10:28), api menyala-nyala oleh belerang (Why. 19:20), tempat penyiksaan selamanya bersama Iblis (Why.20:10)

6. Bagaimanakah ajaran Saksi Yehuwa tentang keselamatan ?
Saksi Yehuwa tidak percaya bahwa penebusan darah Yesus di atas kayu salib sanggup menghapuskan dosa manusia. Penebusan itu belum tuntas. Jadi Yesus tidak benar-benar menebus dosa manusia,
oleh sebab itu manusia harus melakukan perbuatan baik untuk memperoleh hidup kekal.  Perbuatan baik yaitu menjadi saksi Yehuwa yang rajin memberitakan ajaran Yehuwa.

Pandangan Alkitab:
Yohanes 3:16 jelas berkata:”Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”
Efesus 2:8-9 berkata:”Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu, jangan ada orang yang memegahkan diri.”

7.  Bagaimanakah ajaran Saksi Yehuwa tentang Akhir zaman ?
Menurut Saksi Yehuwa akhir zaman sudah dimulai tahun 1799, kemudian disusul kedatangan Yesus dalam roh dan tidak kelihatan di bumi pada tahun 1874, Tahun 1914 dunia berakhir atau kiamat, karena tidak terjadi diundur tahun 1915, karena tidak terjadi direvisi tahun 1918. Tidak terjadi lagi, maka akhir zaman  diramalkan tahun 1925. Ketika tidak terjadi lagi maka  ribuan pengikut Saksi Yehuwa menjadi frustasi dan depresi. Mereka masih meramalkan lagi tahun 1975, tetapi tetap tidak terjadi.

Pandangan Alkitab:
Kisah Rasul 1:7:”Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasaNya.”
2 Tesalonika 2:1-3:”Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia, kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba. Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga !”

8. Apakah Alkitab Saksi Yehuwa sama dengan Alkitab Kristen ?
Tidak sama. Saksi Yehuwa menerbitkan sendiri Alkitab versi Saksi Yehuwa yang dinamakan The New World Translation oh the Holy Scripture (NW) / Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru. Di dalam Alkitab Saksi Yehuwa ada sekitar 7000 kata Yehuwa yang diambil dari naskah aslinya. Selain itu banyak terjemahan Alkitab yang diubah oleh Saksi Yehuwa untuk memenuhi tujuannya.

Contoh : Filipi 2:5-9 :
Alkitab Kristen menterjemahkan sbb:
Ayat 5-6: Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Yesus Kristus yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan

Terjemahan Saksi Yehuwa:
Ayat 5-6: Peliharalah sikap mental ini dalam dirimu, yang juga ada dalam Kristus Yesus, yang walaupun ada dalam wujud Allah, tidak pernah merebut kedudukan yakni agar ia setara dengan Allah.



9. Bagaimanakah langkah-langkah Saksi Yehuwa dalam mengajarkan ajarannya ?
a) Biasanya mereka datang berdua atau lebih dan mengajak seseorang untuk membicarakan masalah-masalah hidup yang menarik dan kemudian menawarkan majalah seperti Sedarlah, Menara Pengawal, dan buku-buku lainnya dengan cuma-cuma atau penggantian biaya yang cukup murah.
b) Bila pada kunjungan pertama Saksi Yehuwa diterima masuk oleh seseorang di rumahnya dan seseorang tertarik akan buku-buku tersebut, maka langkah berikutnya adalah kunjungan kembali untuk mendiskusikan lebih lanjut bahan-bahan majalah tersebut.
c) Bila sudah berlangganan dengan majalah ‘sedarlah’ atau Menara pengawal, mereka akan lanjutkan dengan pelajaran alkitab di rumah seminggu sekali.
d) Selanjutnya calon akan diajak untuk mengikuti ‘persekutuan wilayah’ yang diadakan seminggu sekali yang dikoordinasikan oleh organisasi.
Pada pertemuan wilayah inilah indoktrinasi mulai berjalan dengan seksama
e) Bila pertemuan sudah diikuti dengan baik, maka mereka yang baru itu akan diajak untuk melanjutkan pertemuan di Balai Kerajaan seminggu sekali pada hari minggu. Disini mereka dipersiapkan untuk menjadi saksi Yehuwa untuk mengajarkan Saksi Yehuwa.
f) Bila sudah setia menjadi saksi Yehuwa, selanjutnya ia akan dibaptis selam dalam nama Allah Bapa, Putra dan roh Kudus (dalam pengertian roh tenaga dari Allah). Hal ini berbeda dengan baptisan Kristen yang melambangkan pertobatan dan menerima pengampunan dari penebusan Kristus dan masuk dalam persekutuan tubuh Kristus. Baptisan Saksi Yehuwa adalah memasukkan orang resmi ke dalam kerajaan Theokratis. Mereka yang sudah dibaptis dan masuk dalam Kerajaan Theokratis, sudah terjerat pada indoktrinasi pengajaran Saksi Yehuwa sehingga sudah sulit untuk mengubah keyakinan mereka.

10. Bagaimana cara memperkenalkan Tuhan Yesus kepada Saksi Yehuwa ?
a) Kita harus sadar bahwa Saksi Yehuwa telah dilatih dengan seksama oleh organisasi theokratis dan telah berjam-jam belajar doktrin mereka.
b) Bila kita sendiri belum siap dengan pengertian Alkitabiah akan kepercayaan kita, lebih baik dengan sopan kita menolak mereka, dan mintalah kartu nama dan alamat mereka.
c) Bila kita sudah siap maka kita bisa mengundang mereka masuk dengan ramah, namun bukan kesiapan untuk mendengar apa yang mereka akan katakan, apa kata Tuhan yaitu dengan bersaksi tentang Yesus dan kehidupanNya, bersaksi mengenai indahnya persekutuan Kristen yang indah, kemudian mengajak mereka berdoa dalam nama Tuhan Yesus. Biasanya mereka menolak dan pulang karena mereka hanya mau berdoa kepada Allah Yehuwa.
d) Bila kita siap atau terpaksa berdiskusi, layani Saksi Yehuwa dengan Alkitab terbitan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) bukan Alkitab Saksi Yehuwa. Yakinkan bahwa Alkitab Kristen adalah terjemahan yang benar dan tunjukkan bahwa Yesus adalah Tuhan, Ia adalah Alfa dan Omega.




by Pdt. Djoni Febrianto

Map