Semua Jemaat Melayani Tuhan (Khotbah 8 Juli 2012)

Semua Jemaat Melayani Tuhan (Nehemia 3:1-32) - Nehemia bersama bangsa Israel yang pulang dari pembuangan mempunyai misi yaitu membangun tembok Yerusalem yang rusak (1:3). Dalam tempo 52 hari tembok itu berhasil diselesaikan (5:15)


Rahasia keberhasilan Nehemia membangun tembok Yerusalem :
1. Pemberdayaan : Nehemia melibatkan semua rakyat.

Dalam pasal 3 tercatat para peserta yang ambil bagian dalam pembangunan tembok Yerusalem. Ada beragam profesi  dan jenis orang yang melakukannya, misalnya :

Imam  (v. 1, 22), Penguasa (v. 12, 16, 18), Tukang emas  (v. 8, 31), Pedagang  (v. 32)

Juru Campur rempah-rempah (v. 8), Anak-anak perempuan (v. 12)

Dari sini kita melihat bahwa semua orang ambil bagian dalam pekerjaan tsb.

Demikian juga halnya dengan pelayanan, akan berhasil jikalau dikerjakan oleh semua jemaat.  Pelayanan bukan hanya tugas dan tanggung jawab Hamba Tuhan dan  Majelis. Pelayanan harus didukung & dikerjakan oleh semua jemaat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

2. Perencanaan
: Nehemia mengatur  pembangunan dengan baik.

Dalam pasal 3 ini tercatat berkali-kali kata “berdekatan”. Kita melihat bahwa bahwa Nehemia mengatur kelompok-kelompok dalam pekerjaan itu. Masing2 kelompok bekerja  sesuai dengan bagian dan tanggung jawabnya masing-masing. Pekerjaan ini berhasil karena Nehemia menempatkan dan mengatur serta memiliki system kerja yang baik. Tidak mudah membangun tembok itu tetapi dengan system yang baik maka pekerjaan itu dapat diselesaikan.

Pelayanan dalam sebuah gereja juga membutuhkan system dan pengaturan. Hamba Tuhan dan Majelis memiliki system untuk mengatur agar pelayanan dapat berjalan dengan baik. Tiap anggota tidak dapat melayani dengan seenaknya sendiri tanpa mengikuti system. Salah satu yang paling sederhana adalah melayani sesuai dengan bagian /talenta / karunia masing-masing. Jika ini dilakukan maka pelayanan akan berhasil dan gereja bertumbuh.

Kesimpulan :
Pelayanan yang baik akan menjadikan gereja yang sehat. Pelayanan itu akan baik jika :

- Pemberdayaan : Semua jemaat terlibat

- Perencanaan : Diatur sesuai bagian masing-masing. 


Rick Warren :
- Orang Kristen yang tidak melayani di sebuah gereja, adalah orang Kristen penonton.

- Orang Kristen yang tidak melayani di sebuah gereja adalah orang-orang kristen yang hanya menginginkan manfaat dari gereja tanpa mau mengambil tanggungjawab.



Survey  ttg pelayanan :
- Gereja yang semua anggotanya terlibat dalam pelayanan, pasti menjadi sebuah gereja yang sehat, sebab semua anggota berfungsi.

- Banyak gereja yang tidak sehat, tidak bertumbuh karena yang melayani hanyalah 10 persen dari keseluruhan anggota.

- Sangat sulit mencari 90 persen lainnya untuk melayani di gereja. Pelayanan di gereja memang merupakan lowongan yang tidak menarik. 






Pdt. Suwanton M.Div,
8 Juli 2012

Map