Persembahan Persepuluhan (Khotbah 3 Juni 2012)

Persembahan Persepuluhan (Khotbah Tanggal 3 Juni 2012) - Maleakhi 3:6-12

Persembahan  persepuluhan adalah  perintah Tuhan. Tuhan berkata di dalam Maleakhi 3:10 demikian :“Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.” Bila kita berkata bahwa kita mengasihi Tuhan, maka mari kita menaati perintah Tuhan, dalam hal memberi persembahan persepuluhan.
 

Persembahan Persepuluhan adalah milik Tuhan. Ketika kita tidak membawa persepuluhan kita ke rumah Tuhan, maka Tuhan berkata bahwa kita ini menipu Dia. Hal ini dikatakan di dalam Maleakhi 3:8-9: “ Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!  Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! ”Istilah menipu, ditulis diulangi sebanyak 4 kali. Itu artinya: Tuhan mau persepuluhan diberikan dengan sejujurnya.

Memberi persepuluhan = mengasihi Tuhan.  Mengapa demikian ? Karena persembahan persepuluhan kita ditujukan untuk mendukung semua pekerjaan Tuhan yang ada di dalam gereja.  Semua pekerjaan Tuhan yang ada di dalam gereja, dibiayai dari persepuluhan umat Tuhan. 
   
Apakah memberi persepuluhan itu adalah perintah Tuhan yang sulit ?  I Yohanes 5:3 berkata : “ Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,” Ingat yang kita kembalikan  kepada Tuhan hanya 10% sedangkan yang diberikan kepada kita adalah 90%. Masakan itu sulit ?

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan. Istilah seluruh artinya, yaitu Tuhan mau kita nggak boleh ngurangi sedikitpun/nggak boleh nipu Dia. Berapapun  keuntungan kita, ya 10% kita berikan sama Tuhan. Bukan 9%, bukan 9,5 % tetapi 10% bagi Tuhan.

Berkat dari memberi persembahan persepuluhan :

Maleakhi 3:10b: “dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”. Ketika kita berbicara tentang berkat Tuhan, janganlah pikiran kita hanya tertuju pada uang, uang dan uang. Ingatlah bahwa keselamatan dan kesehatan yang kita miliki adalah berkat terbesar yang Tuhan karuniakan kepada kita.  

Bagaimana cara menghitung persepuluhan kita ?
1.    Bagi hamba Tuhan, pegawai negeri, pegawai bank, karyawan : persepuluhan diambil dari 10% gaji yang diperoleh.
2.    Bagi pedagang, pemilik toko: persepuluhan diambil dari 10% keuntungan bersih
3.    Bagi pelajar, mahasiswa: persepuluhan diambil dari 10% uang sakunya    

Pdt. Djoni F.

Map