Hidup Dan Mati Dikuasai Oleh Lidah (Khotbah 10 Juni 2012)

HIDUP DAN MATI DIKUASAI OLEH LIDAH (Amsal 18:21 Yakobus 3:1-12) - Sebagai manusia yang normal di kepala kita memiliki tujuh lubang yaitu sepasang mata, sepasang telinga, sepasang hidup dan satu mulut. Tuhan menciptakan mulut hanya satu dan tidak sepasang. Karena kenyataan menunjukkan bahwa lubang yang satu ini lebih banyak menimbulkan masalah atau dosa dari pada lubang yang lain di kepala kita.

Photobucket 

Dalam Yakobus 3:1-12 dijelaskan kepada kita tentang bahaya lidah atau dosa yang diakibatkan karena lidah. Bebrapa hal yang perlu diperhatikan tentang lidah melalui Yakobus 3:1-12, yaitu :

1.    Lidah itu Punya Kuasa (Yakobus 3:3-6)
Yakobus memberikan tiga ilustrasi tentang lidah yaitu kekang pada mulut kuda. Kuda adalah biantang yang sangat kuat berguna untuk menarik barang-barang yang besar dan menari kereta. Sekalipun kuda itu binatang kuat tetapi kita dapat mengendalikan seluruh tubuhnya melalui kekang yang dipasang pada mulutnya.

Kemudian yang kedua adalah kemudi kapal. Kemudi kapal bisa mengendalikan kapal yang besar. Dengan kata lain tujuan dari kapal tersebut sangat ditentukan oleh kemudi. Kemudian api, api yang kecil dapat membakar hutan yang besar.  Jadi disini kita melihat bahwa lidah kita yang kecil memiliki pengaruh yang sangat besar dalam hidup kita.

2.    Lidah itu tidak dapat dikontrol (Yakobus 3:7-8)
Binatang-binatang dapat dijinakkan oleh manusia tetapi tidak ada seorang pun yang dapat menjinakkan lidah. Lidah adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai dan penuh racun yang mematikan (ay. 8).

Ada beberapa penyakit lidah yang ditulis dalam Alkitab antara lain : Berbicara terlalu banyak  (Ams 10:19), Bicara yang teledor (Ams 29:20),  Gosip (Ams 20:19), Berdusta (Ams 12:22), Menjilat (Ams 29:5), Bicara sombong (Ams 27:1-2)

Bagaimana orang Kristen  berbicara? (Kolose 4:6)
1.    Perkataan kita harus ramah
2.    Perkataan kita harus penuh hikmat
3.    Perkataan kita harus membangun sesama kita
4.    Perkataan kita harus memuliakan Tuhan

Ev. Kariaman Gea
10 Juni 2012

Map